Garut Membutuhkan Pemimpin Berjiwa Enterpreneur Government

  


NEWSLETTERJABAR.COM - Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam Garut (SDA) cukup sangat menjanjikan bila semua itu dengan serius dikelola oleh pemerintah. Dimana hasilnya cukup membantu peningkatan pendapatan masyarakat juga pendapatan asli daerah.


Ketua DPRD Garut Periode 2009-2014, menyampaikan, bila dikelola dengan melihat potensi serta peluang prosfek dan mengedepankan atau melibatkan kepentingan masyarakat, Garut memiliki objek-objek wisata baik yang bisa dikembangkan atau dibangkitkan. 


"Garut memiliki pantai, hutan, hasil bumi yang bisa menjadi andalan sumber peningkatan pendapatan. Garut punya potensi pertanian dan peternakan," kata Ahmad Bajuri.



Menurutnya, SDM di Garut cukup potensi dengan kreatifitas dan inovasinya, baik di dalam lingkungan Pemda, dunia pendidikan dan olah raga juga pelaku kreatif ekonominya. Semua ini, lanjut Bajuri, tinggal komitmen kepala daerah serta kedepan ada yang berjiwa Enterpreneur Government.


Entrepreneur Government adalah suatu birokrasi pemerintahan yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan dengan karakteristik berorientasi pada kebutuhan masyarakat (customer oriented), efisien, inovatif, responsive dan kompetitif dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsinya.


"Dengan punya pengalaman atau pelaku, dalam hal ini, jadi tidak hanya retorika seremonial dalam akomodasi sumber kekuatan yang ada. Garut membutuhkan figure yang mampu membangun hubungan pentahelix menjadi satu kekuatan kemajuan Garut. Dimana, sambung Bajuri, diharapkan bisa menjadi satu orkestra dari seorang pemimpin nomor 1-nya di Garut yang punya komitment kuat dalam hal ini," papar Bajuri.


Perjalanan menghadapi Pilkada serentak 2024, menjadi alat introspeksi dalam berbagai hal kehidupan baik pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan kesehatan. Dengan tidak melepaskan objektivitas atas kinerja pemerintahan sebelumnya. Dekade per-dekade, sejak reformasi tahun 1998.

 

"Garut memiliki sosiologi dan demografi, masyarakat yang kritis dinamis, humoris menjadi cukup unik dan menjadi salah satu potensi kekuatan SDM," ungkapnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pernyataan Resmi Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat

Lomba Kreasi Senam Perubahan dan Perbaikan Siap Digelar di Teras Cimanuk Garut, Cek Hari Tanggalnya

Sang Guru Besar itu ternyata Orang Garut, Berdarah Jawara dan Kiayi